Sabtu, 16 Oktober 2010

Perkemkembangan Teknologi Komunikasi Pasca Abad ke 21

Jika orang berbicara mengenai komunikasi, maka tak akan lepas dari adanya keterlibatan dari dua atau lebih subjek yang saling menukar suatu informasi. Secara harfiah komunikasi dapat diartikan sebagai suatu proses penyampaian informasi dalam hal ini bisa berupa ide, gagasan, tanggapan, sanggahan, pesan, dan lain-lain dari suatu subjek kepada subjek lain sehingga terjadi saling keterkaitan diantara keduanya.
Ada beberapa unsur yang perlu di perhatikan dalam berkomunikasi, unsur-unsur ini harus ada agar komunikasi dapat berjalan dengan baik. Unsur-unsur tersebut diantaranya :
  1. Informasi  (data yang dikirim atau diterima seperti suara, gambar, file, tulisan, dll)
  2. Pengirim (subjek yang memberikan informasi)
  3. Media (alat atau sesuatu yang berfungsi mengirimkan informasi dari pengirim kepada penerima. Media yang berfungsi mengantarkan informasi misalnya udara (ketika berbicara langsung), telepon (ketika berbicara langsung tetapi tidak bertemu secara langsung), dan lain-lain.
  4. Penerima (subjek yang menerima informasi)
  5. Feedback (tanggapan dari penerima pesan)
Diera Globalisasi yang sekarang ini marak diperbincangkan orang, komunikasi merupakan satu diantara beberapa faktor utama yang menyebabkan terjadinya era Globalisasi. Hal ini bisa terjadi karena pasatnya perkembangan komunikasi itu sendiri. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa komunikasi merupakan “penemuan yang revolusioner” di era globalisasi. hal ini dikarenakan peningkatan teknologi komunikasi yang pesat seperti ditemukannya radio, televisi, telepon, satelit dan jaringan komuter seiring dengan industiralisasi bidang usaha yang besar dan politik yang mendunia.
Setelah terjadinya revolusioner di bidang komunikasi, perkembangan komunikasi jarak jauh otomatis menjadi mudah dilakukan. Pertukaran informasi antar daerah bahkan antar benua bisa terjadi secara langsung. Ada tiga bentuk dasar dari komunikasi jarak jauh, diantaranya :
  1. Komunikasi Satu Arah (Simplex). Dalam komunikasi satu arah (Simplex) pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh : Pager, televisi, dan radio.
  2. Komunikasi Dua Arah (Duplex). Dalam komunikasi dua arah (Duplex) pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh : Telepon dan VOIP.
  3. Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex). Dalam komunikasi semi dua arah (Half Duplex) pengirim dan penerima informasi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan. Contoh : Handy Talkie, FAX, dan Chat Room.

Ada beberapa dampak positif dari perkembangan revolusioner komunikasi diera Globalisasi, yaitu :
  • Hubungan antar benua tak terbatas
  • Trsansaksi dapat terjadi secara instan
  • Perkembangan dunia pemberitaan semakin maju
  • Manusia menjadi lebih mudah berkomunikasi
  • Timbul rasa kesenangan bagi manusia
  • Manusia menjadi lebih mudah mendapatkan informasi
Selain dampak positif, perkembangan revolusioner komunikasi diera Globalisasi mempunyai dampak negatif, yaitu :
  • Terjadinya ketergantungan terhadap teknologi komunikasi (HP, TV, Internet, dll)
  • Sering terjadi penyalahgunaan fungsi teknologi komunikasi (Telepon digunakan untuk meneror, Internet digunakan untuk membuka situs-situs tidak jelas, dll)
  • Penggunaan BTS dan Elektrimagnetis yang dapat mengganggu kesehatan
  • Semakin menipisnya nilai-nilai budaya lokal akibat globalisasi

Sebagai contoh revolusi komunikasi adalah teknologi PC terkini yang bisa menghasilkan karya multimedia yang menarik. Optical disk kini bisa menampung data yang sangat banyak, serta satelit yang memudahkan komunikasi antarpribadi.
         Salah satu konsep yang menyebabkan adanya perubahan teknologi komunikasi saat ini adalah sistem komunikasi. Sistem konunikasi tidak hanya terbatas mengenai pertukaran sistem informasi. Namun juga termasuk alat komunikasi yang kita gunakan, aplikasinya, serta implikasi yang muncul dari proses produksi, manipulasi, dan pertukaran informasi.
            Disini menarik membahas taeknologi komunikasi di era pasca abad 21. Salah satunya adalah  hanphone karena ini adalah alat komunikasi terfavorit saat ini . Bayangkan semua kalangan dari berbagai strata memiliki alat ini dari pengusaha,anak sekolah, ibu rumah tangga, sampai tukang becak pun punya. ). Handphone memiliki banyak kegunaan. Tak hanya untuk menelpon dan mengirim serta menerima SMS saja, tapi dapat juga digunakan untuk mengakses internet bahkan menonton TV dan mendengarkan radio. Hal ini berkaitan dengan Konsep Konvergensi di mana mengakses internet dahulu hanya dapat dilakukan menggunakan komputer  atau laptop, menelpon hanya dapat menggunakan PSTN ( telepon rumah), dan mengirim surat hanya dapata dikirim via pos. Sekarang dengan perkembangan handphone yang kian canggih, semua fungsi yang telah disebutkan di atas dapat dilakukan hanya dengan menggunakan satu telepon genggam saja.3. Handphone terus mengalami pembarahuan sehingga memiliki banyak fungsi. Fenomena ini sesuai dengan hukum Moore yang menyatakan bahwa kemampuan mikroprosessor akan berlipat menjadi dua kali lipat lebih kuat setiap 18-24 bulan sekali. Serupa dengan yang terjadi pada pembaharuan yang terus terjadi pada handphone. Seperti kita ketahui, suatu perusahaan telepon genggam dengan begitu cepat mengeluarkan produk-produk terbarunya. Telepon-telepon genggam ini tentu memiliki fitur yang lebih baru dari telepon genggam yang telah ada sebelunmya karena memang akan selalu ada pembaharuan dari setiap alat teknologi. Di masa depan mungkin hanphone tidak sebesar sekarang , bisa jadi hanphone akan sebesar jam tangan atau mungkin hanphone akan berbentuk seperti kertas yang bisa dilipat – lipat sehingga mudah dibawa kemana-mana.

 Contoh lain ialah.  
Komputer Hologram Di masa depan komputer sudah tidak lagi menjadi suatu barang yang berwujud besar. Kecanggihan dan segala fungsi komputer direncanakan akan berbentuk hanya sekecil jam tangan. Segala isi dan konten komputer akan berbentuk hologram yang dapat tampak di permukaan. Pusat komputer ini terdapat pada jam tangan itu sendiri. Pada awalnya penyalaan komputer, memang berasal dari jam tangan tersebut sehingga memunculkan tampilan hologram. Namun selanjutnya pengoperasian komputer ini hanya dengan menyentuh hologram yang telah muncul. Pengoperasiannya sama seperti model touch-screen pada layar. Tapi bedanya isi komputer ini tidak memerlukan layar. Apapun yang diinginkan penggunanya dapat muncul begitu saja dipermukaan. Setiap tampilan pada layar komputer dapat muncul secara berbeda, jadi tampilan komputer sebelumnya tidak akan hilang. Jika terjadi penumpukan layar, pengguna dapat menggeser layar yang baru ke tempat lain dan mengoperasikannya kembali sesuai yang diinginkan. Jika sudah selesai digunakan, berbagai layar hologram ini dapat di nonaktifkan melalui pusatnya, jam tangan. Berdasarkan konsep yang dikemukakan Arnold Pacey, computer hologram ini dapat dikaitnya berdasarkan konsep perspektif kebudayaan. Komputer hologram ini dapat mengubah budaya yang saat ini ada. Jaman sekarang computer merupakan barang besar yang tidak dapat dibawa kemana-mana, begitu juga dengan keperadaan laptop.
            . Laptop yang ada sampai saat ini masih merupakan barang yang besar dan berat untuk dibawa. Namun dengan adanya computer hologram yang pusatnya hanya seperti jam tangan, maka bentuk computer menjadi jauh lebih kecil dan ringan. Penggunaan computer ini juga jauh lebih mudah dari computer atau laptop yang ada saat ini. Computer hologram ini sudah tidak memerlukan keberadaan layar, CPU, dan mouse. Pengoperasiaannya hanya tinggal menyentuh hologram yang ada. Selain penggunaan dan bentuknya, penggunaan computer ini sudah dapat sangat personal. Computer ini dapat digunakan dimana saja. Selain itu, dalam pengaktifan computer ini tidak memerlukan listrik sehingga dapat menghemat energi. Jadi, budaya orang membawa dan pengoperasikan computer atau laptop yang ada saat ini sudah dapat berubah jika computer hologram ini berkembang pesat di masa depan. Konsep lain yang dapat dikaitkan dengan keberadaan komputer hologram ini adalah mediamorphosis. Konsep ini mengatakan jika ada suatu teknologi baru yang dapat mengganti teknologi yang lama yang tidak dapat bertahan. Jadi, jika teknologi computer hologram ini dapat berkembang pesat di masa datang, maka dapat menggeser keberadaan komputer atau laptop jika kedua teknologi tersebut tidak dapat bertahan.  Keyboard laserKeyboard LaserBerikut ini merupakan sebiuah pengenalan dari teknologi baru yang Akrab disapa dengan Keyboard Laser:Dengan ciri khas:-Koneksi ke PDA Smartphone dan Komputer menggunakan Bluetooth
-Proyeksi keyboard berukuran penuh ke semua permukaan datar
-Memungkinkan kenyamanan keyboard biasa mengetik dalam faktor bentuk kecil
-Rechargeable baterai berlangsung selama 120 menit yang terus-menerus mengetik
-Tiny ukuran hanya 3,5 inci-Kompatibel dengan PalmOS 5, PocketPC 2003, Windows Smartphone, Symbian OS, dan Windows 2000/XP. Mac OSX Dukungan terbatas.Jika  dulu kita pakai komputer rumahan dengan keyboard warna putih dan hitam yang memiliki ukuran yang  cukup lumayan besar maka kita akan mengatakan betapa tidak canggihnya keyboard jenis tersebut dibandingkan dengan yang akan di bahas sekarang. Laser Keyboard memanfaatkan kekuatan laser dan inframerah teknologi dan proyek berukuran penuh keyboard ke permukaan datar apa pun. Saat Anda mengetik pada proyeksi laser, teknologi deteksi berdasarkan pengakuan optik memungkinkan pengguna untuk tekan tombol gambar, lengkap dengan suara penyadapan realistis, yang disisipkan kedalam kompatibel berkemampuan Bluetooth PDA, Smartphone, laptop atau PC. Tidak seperti banyak snap-kecil pada keyboard untuk PDA, Laser Virtual Keyboard menyediakan sebuah full-size QWERTY keyboard. Hal ini juga lebih kecil dan lebih nyaman untuk digunakan daripada keyboard lipat-jenis yang dibuat oleh jenis lain.Tidak ada bagian mekanik yang bergerak sama sekali di Laser  Keyboard atau pen keyboard. Ini memberikan gambar yang diproyeksikan adalah perangkat input portabel sempurna untuk PDA. Hal ini mirip dalam responsivitas untuk keyboard biasa. Perangkat yang ringan berbobot dua ons dan ukuran mirip sekali pakai pemantik rokok. Laser Keyboard mencakup mandiri ulang baterai lithium ion. Menyediakan Laser Virtual Keyboard dengan catu daya internal, sehingga tidak menguras daya baterai apapun dari PDA atau PC. Baterai berlangsung selama dua sampai tiga jam, lebih dari cukup waktu untuk melakukan beberapa pesan cepat dan pesan SMS dari perangkat genggam atau untuk memperbarui kalender dan buku telepon entri.Jika kita bayangkan mungkin kurang masuk kedalm logika dimana sebuah alat kecil ini memproyeksikan sebauah layar beserta dengankeyboard nya. Namun hal ini sanagt mungkin terjadi mengingat sudah maju nya perekbangan teknologi saat ini.
            Tetapi dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi sekarang ini ataupun di masa depan . kita semakin dituntut agar mampu beradaptasi dengan perkenbangan ini. Selain itu juga dalam penggunaannya kita harus bijak tidak boleh kecanggihan teknologi disalah untuk digunanakan untuk hal-hal yang dapat merugikan orang lain. Dan juga kecanggihan ini harus berguna untuk perkembangan komunikasi di bumi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar